Trump Tak Komentari Kemunculan Perdana Kim Jong-un ke Publik

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden  Amerika Serikat  Donald Trump memilih menegasikan mengomentari kabar kemunculan perdana kembalinya Pemimpin Tertinggi  Korea Utara  Kim Jong-un ke hadapan publik.

“Ya, saya lebih memilih buat belum mengomentari (kemunculan kembalinya Kim). Kami akan menyampaikan sesuatu tentang hal itu pada waktu yang tepat, ” ujar Trump era dimintai respons soal kabar kemunculan perdana Kim ke publik seperti mengutip Associated Press.

Alih-alih mengomentari kabar kemunculan perdana Kim, Trump justru mengatakan jika ia akan menghabiskan akhir pekan dengan berangkat ke Camp David untuk berjalan.



Kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) mengabarkan Kim kembali tampil ke hadapan publik saat pembukaan kilang pupuk fosfat pada Jumat (1/5). Kemunculan kembali Kim sontak digambarkan mendapat sambutan hangat dari orang-orang yang berada di sana.

“Dalam kesempatan tersebut, Kim secara penuh emosi mengatakan bahwa kakeknya Kim Il-sung dan ayahnya Kim Jong-il akan sangat senang kalau mengetahui bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun di Korea Utara, ” tulis KCNA seperti dilansir AFP.

(CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

Kabar kemunculannya ini sekaligus menepis rumor yang mengatakan jika dia kritis usai menjalani operasi jantung pada pertengahan April lalu.

Daily NK, outlet media daring yang sebagian besar dijalankan oleh para petualang Korea Utara, telah melaporkan Kim sedang menjalani perawatan setelah jalan kardiovaskular di Hyangsan Medical Center.

Menyoal laporan simpang siur kondisi kesehatan Kim, Trump tahu menyampaikan jika hal itu jadi kabar salah.

“Saya rasa laporan tersebut tidak benar, biarkan saya mengatakannya demikian. Saya dengar mereka (Korea Utara) menggunakan dokumen-dokumen lama (soal kondisi kesehatan Kim), ” ujar Trump kepada media di Gedung Putih, Kamis (23/4) lalu.

Dalam jalan tersebut, Trump menolak mengatakan jika memiliki informasi langsung dari bagian Korea Utara yang mengatakan bahwa Kim dalam kondisi baik-baik sekadar.

Sebelum hilang daripada publik, Kim terlihat ketika menyelenggarakan rapat politbiro Partai Pekerja Korut pada 11 April. (AP/evn)

Berita lainnya Data HK