Tips Beli Baju Bekas Koleksi ‘Preloved’ dan ‘Thrift Shop’

Jakarta, CNN Indonesia —

Koleksi  baju petunjuk dari thrift shop dan preloved (PL) belakangan sedang menjelma tren . Untuk bisa mendapatkan busana yang bagus, Anda perlu kecermatan dengan mengikuti sejumlah tips serta pertimbangan saat membeli baju thrift shop dan preloved  berikut ini

Thrift merupakan istilah yang identik dengan barang petunjuk atau seken yang berasal sebab luar negeri termasuk juga baju. Sedangkan preloved merupakan istilah yang menempel pada koleksi busana yang dipergunakan pribadi dan kemudian dijual kembali.

Kini istilah thrift shop dan preloved sama-sama banyak digunakan online shop maupun pecinta mode untuk baju yang pernah dimiliki oleh orang lain.


Koleksi thrift shop dan preloved sangat beragam mulai dari blus, atasan, tank top , dress , luaran jala-jala, jaket, celana, dan rok.

Setiap thrift shop memiliki pengkhususan dan keunikan masing-masing. Barang-barang thrift kendati umumnya merupakan keluaran label terkenal yang dijual dengan harga gampang dibandingkan koleksi baru.

Harga baju thrift dan preloved  biasanya  dimulai dari Rp5 ribu hingga ratusan seperseribu. Anda bisa mendapatkan koleksi baju yang masih bagus, layak pakai, branded , dan dengan harga yang sangat melimpah, jika beruntung Menggunakan baju thrift dan preloved juga ikut mengangkat program sustainable fashion yang medium ramai digaungkan.

Berikut tips dan pertimbangan saat mengambil baju bekas  preloved  dan di thrift shop.

satu. Perhatikan warna

Istimewa untuk memperhatikan warna dari baju preloved yang akan dibeli. Cermati warna apakah sudah kusam atau masih tampak bagus untuk dikenakan. Bila warna masih cerah, tidak seput, tidak kusam, maka baju tersebut layak dibeli.

dua. Perhatikan noda

Kasus utama yang kerap dijumpai di dalam baju thrift adalah noda yang menempel. Periksa ukuran noda dan serupa pastikan kembali apakah noda tersebut bisa dihilangkan, disamarkan, atau terletak di tempat yang tersembunyi.

Jangan sampai noda setitik merusak penampilan Anda.

3. Perhatikan jahitan

Perhatikan pula jahitan pada baju yang akan dibeli. Periksa apakah ada jahitan yang lepas, lengan karet yang melar, atau kancing yang sudah lepas. Jika langgeng ingin membeli baju tersebut siasati kekurangan dengan menjahit kembali dan menambah kancing baru.

4. Kebersihan baju

Pertimbangkan pula kejernihan baju maupun toko thrift dan preloved . Sejumlah gardu sudah mencuci atau me- laundry   dan selalu men- steam baju. Namun, sebagian lain ada yang mengirimkan baju dalam keadaan belum dicuci.

Tetap cuci kembali baju yang dibeli untuk memastikan kebersihan baju dengan dipakai.

5. Lebur padan yang pas

Saat membeli sebuah koleksi baju thrift shop  dan preloved pastikan Anda sudah memiliki padu padan yang pas ataupun kegiatan untuk mengenakan baju itu. Jangan sampai baju yang telah dibeli tidak dipakai dan cuma menumpuk di lemari.

6. Tawar harga

Jangan sungkan untuk menawar nilai, terutama jika Anda menemukan kurang pada koleksi. Membeli baju thrift shop dengan harga murah akan membuat Anda semakin untung.

(ptj/agn)