SMK Laporkan Akun Medsos ‘Palsu’ Esemka ke Instagram

Jakarta, CNN Indonesia —

Solo Manufaktur Kreasi (SMK/ Esemka ) mengucapkan telah melaporkan akun media sosial yang mengatasnamakan perusahaan ke Instagram. SMK menjelaskan akun resmi perusahaan yang memberikan informasi resmi merupakan @esemkaindonesia.

Ada kaum nama akun Instagram yang terpantau menggunakan nama Esemka, misalnya @esemka. official dan @info_esemkaid. Dua akun ini kerap memberikan sejumlah bahan berkaitan dengan aktivitas bisnis Esemka di Indonesia.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]

Unggahan kedua akun meliputi spesifikasi mobil, sejarah Esemka, kesibukan pabrik, hingga penjualan. Bahkan @esemka. official turut meninggalkan nomor relasi serta menulis ‘official account’ pada area biodata.

Kedua akun ini lebih populer ketimbang akun resmi Esemka dengan total pengikut lebih banyak. Akun @esemkaindonesia terpantau hanya memiliki 260 pengikut serta baru empat unggahan, tatkala @esemka. official 2. 755 hamba dan 11 unggahan, sedangkan @info_esemkaid 563 pengikut dan 31 unggahan.

Menurut Humas Esemka Sabar Budhi, pihaknya sudah mengadukan salah satu akun tersebut, yakni @esemka. official ke Instagram.

“Saya sekalian konfirmasi bahwa IG esemka. official bukan sah milik PT SMK, ” sirih Sabar melalui pesan singkat, Rabu (11/11).

Jawaban Sabar itu juga terkait informasi yang dibagikan @esemka. official tentang ‘penjualan perdana mobil Esemka’ pada tujuh November. Menurut akun ini penjualan perdana Esemka dimulai pada 9 November.

Sabar belum mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut, tetapi dia bilang pihaknya sudah melaporkan akun itu tapi belum ada kelanjutan dari pihak Instagram.

“Saya sudah laporkan ke pihak Instagram hanya belum ditindak lanjuti, ” kata dia.

[Gambas:Instagram]

Sabar menegaskan Esemka juga punya akun lain pada media sosial yaitu Facebook dengan nama serupa, Esemka Indonesia.

“IG punya PT SMK @esemkaindonesia yang selalu link dengan Facebooknya, ” ungkap tempat.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]