Saudi Sterilisasi Masjidil Haram 10 Kali Sehari selama Haji

Jakarta, CNN Indonesia —

Arab Saudi   mencanangkan serangkaian kebijakan untuk menghalangi penularan Covid-19   selama ibadah haji 2021 , salah satunya dengan melakukan sterilisasi Masjidil Suci hingga sepuluh kali sehari.

Badan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Saudi membuktikan bahwa mereka merekrut 5. 000 orang yang bahan bertugas melakukan sterilisasi Masjidil Haram beserta lingkungan di sekitarnya.

Sama dengan dilansir Arab News , pemerintah Saudi sudah menyiapkan lebih dari 60 ribu liter larutan desinfektan per hari dan teknologi pembersih lainnya untuk memenuhi kebutuhan sterilisasi Masjidil Haram tersebut.


Itu juga menyediakan paket percuma bagi para jemaah yang berisi berbagai keperluan, semacam payung dan desinfektan.

Selain itu, negeri Saudi juga akan menjalar robot-robot yang membawa botol air zamzam steril biar jemaah tak berdesakan ketika ingin minum.

Lebih jauh, badan kepresidenan itu juga bakal menyimpan sekitar 800 kendaraan manual dan elektrik agar himpunan lansia lebih mudah bekerja di Masjidil Haram.

“Pemerintah mengerahkan seluruh sektor  negara untuk memfasilitasi layanan haji, juga menjamin keselamatan, keamanan, dan kesehatan tubuh agar jemaah dapat menutup ibadah haji dengan hening, ” ujar Menteri Jalan Saudi, Majid Al-Qasabi.

[Gambas:Video CNN]

Al-Qasabi lalu mengulas kembali berbagai siasat pemerintah Saudi untuk menjamin kelancaran ibadah haji 2021 di tengah pandemi Covid-19, di antaranya membatasi perkumpulan.

Saudi membatalkan untuk hanya menerima 60 ribu jemaah haji lokal dan ekspatriat yang telah berada di dalam negeri. Mereka tak menerima haji internasional.

Patuh Al-Qasabi, keputusan itu benar penting demi menjamin kesehatan tubuh para jemaah haji, terutama di tengah ancaman varian baru virus corona.

(has)