RSUD Soetomo Surabaya Pakai Kontainer Rawat Pasien Covid

Surabaya, CNN Indonesia —

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo, Surabaya , menambah ruang perawatan khusus untuk pasien virus corona ( Covid-19 ) menggunakan kontainer. Hal itu dilakukan menyusul ruang isolasi RS tersebut yang sudah penuh di beberapa hari terakhir.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengutarakan kontainer ditempatkan di halaman RS. Kontainer dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa difungsikan untuk merawat pasien Covid-19.

“Ini kontainer di halaman RSUD dr Soetomo Surabaya yg siang ini mulai diisi pasien Covid-19 kondisi gejala sedang lengkap dengan HEPA penapis portable, ” kata Khofifah, Minggu (11/7).


Bandela juga dilengkapi dengan HEPA filter atau high efficiency particulate air. Mampu menyaring udara hingga 99, 97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri dan partikel udara berukuran 0, 3 mikron.

Filter tersebut bermanfaat untuk menyaring suasana dan membersihkan permukaan sejak debu, partikel-partikel yang membuat alergi, termasuk mengurangi efek paparan Covid-19 melalui aerosol.

Khofifah mengucapkan saat ini setidaknya ada lima unit kontainer yang siap digunakan. Tiap kepala unit cukup untuk menampung lima orang pasien.

  RSUD dr. Soetomo, Surabaya menggunakan kontainer yang dialihfungsikan agar anak obat Covid-19 tidak mengantre untuk mendapat ruang rawat (Arsip Pemprov Jawa Timur)

Kontainer-kontainer tersebut merupakan sumbangan dari seorang donatur. Dengan bantuan itu, Khofifah berharap tak ada lagi pasien yang harus mengantre di IGD RSUD dr Soetomo untuk menebus perawatan.

“Hari ini telah siap lima kontainer bantuan dermawan, dipakai untuk 25 pasien dengan saat ini dilayani dalam selasar karena IGD sudah penuh. Semoga tidak tersedia lagi pasien yang tidak tertampung, ” ucapnya.

Khofifah lalu meminta seluruh masyarakat tetap peraturan menerapkan protokol kesehatan. Dia juga meminta semua bagian memanjatkan doa pandemi Covid-19 ini lekas berakhir.

“Mohon semangat peraturan menjaga protokol kesehatan diiringi doa. Mugi sehat selamet sedoyo (semoga sehat dan diberi keselamatan semua), ” pungkas dia.

Sebelumnya RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, terus mendapatkan punca pasien Covid-19. Hal itu membuat IGD mengalami keunggulan kapasitas.

Dirut RSUD dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi membenarkan kalau ada kontainer yang dialihfungsikan menjadi ruang perawatan penderita Covid-19. Dia juga melegalkan foto yang beredar.

Foto yang dimaksud yakni memuat pasien menjalani perawatan di kasur dengan ditempatkan di lantai. Sebanyak pasien juga terpaksa harus mengantre di selasar IGD, karena kapasitas yang sudah tak muat.

“Iya benar pasien [malam tadi] di IGD overcapacity. Masih ada 85 [pasien] di IGD, melebihi kapasitas 60, ” kata Joni, Kamis (1/7) lalu.

(frd/bmw)

[Gambas:Video CNN]