Prancis vs Swiss Imbang 3-3, Berlanjut ke Babak Tambahan

Jakarta, CNN Indonesia —

Pertandingan Prancis vs Swiss di 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) harus dilanjutkan ke babak tambahan usai imbang 3-3 di dalam waktu normal di Stadion National Arena, Selasa (29/6) dini hari waktu Nusantara.

Swiss unggul 1-0 lebih dahulu dalam babak pertama setelah Haris Seferovic  membobol gawang Prancis pada menit ke-15 usai menerima umpan silang Steven Zuber  dari sisi kiri.

Di sesi kedua Swiss memiliki jalan menambah gol pada menit ke-53 setelah Steven Zuber dilanggar Benjamin Pavard pada kotak penalti. Awalnya, insiden Pavard menjatuhkan Zuber tak dianggap pelanggaran oleh pemimpin Fernando Rapallini, dan musabaqah tetap play on.


Beberapa masa kemudian Rapallini baru memakai VAR guna mengecek perihal itu sebelum akhirnya memutuskan penalti untuk Swiss.

Sayangnya, tendangan hukuman yang diambil Ricardo Rodriguez pada menit ke-55 ke sisi kanan bisa terbaca dan ditangkap Hugo Lloris. Swiss gagal menggandakan domisili.

Upaya Prancis mencetak gol balasan dijawab Karim Benzema. Striker Real Madrid itu membobol gawang Yann  Sommer pada menit ke-57.

Sebelum gol balasan itu berlaku, Benzema lebih dahulu menunjukkan kualitasnya sebagai striker bergaya. Umpan terobosan Mbappe dikontrol Benzema dengan epik, berantakan diselesaikan dengan sontekan lengah kiri menjadi gol.

Dua menit berantara, Benzema mencetak gol keduanya ke gawang Swiss. Gol itu bermula dari umpan terobosan ciamik Mbappe pada Antoine Griezmann.

Penyerang Barcelona itu berserakan melob bola yang bisa ditepis Sommer. Akan namun, bola justru mengarah kepada Benzema yang berada di tiang jauh. Dengan sundulan, Benzema membawa Prancis arah unggul pada menit ke-59.

Bek Silvan Widmer nyaris membuat blunder setelah memiliki komunikasi yang buruk dengan kiper Sommer. Umpan jauh Griezmann pada Mbappe coba dioper kepada Sommer dengan sundulan.

Akan tetapi, Sommer sendiri sudah keluar dibanding gawangnya. Beruntung bagi Widmer, sundulannya hanya melebar ke sisi kiri gawang Sommer dan menghasilkan sepak ceruk bagi Les Bleus.

Paul Pogba menaikkan penderitaan Swiss pada menit ke-75. Bola rebound sepak terjang Benzema yang diblok pertahanan Swiss mengarah ke Pogba.

Tanpa pengganggu Pogba melepaskan tendangan menjulai ke pojok kiri atas gawang Swiss yang tidak bisa dijangkau Yann Sommer.

Tertinggal perut gol tidak membuat Swiss ciut nyali. Tim asuhan Vladimir Petkovic itu memperkecil kedudukan pada menit ke-81 lewat sundulan Haris Seferovic  yang memanfaatkan umpan silang Kevin Mbabu.

Menjelang pertandingan usai, Mario Gavranovic membawa Swiss menyamakan skor jadi 3-3 sesudah mendapatkan umpan terobosan daripada Granit Xhaka. Usai menyambut assist Xhaka, Gavranovic  menggugurkan temabakan kaki kanan yang tidak bisa diantisipasi Lloris.

Skor imbang 3-3 membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Susunan Pemain:

Prancis: Lloris; Varane, Lenglet, Kimpembe; Pavard, Pogba, Kanté, Rabiot; Griezmann; Benzema, Mbappe

Swiss: Sommer; Elvedi, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Xhaka, Zuber; Shaqiri, Embolo; Seferovic

(sry/nva)