Pesan Natal Jokowi: Umat Kristiani Jangan Putus Asa

Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo  ( Jokowi ) menodong umat Kristiani di Indonesia tidak putus asa meski harus merayakan Natal dengan berbagai keterbatasan dalam tengah  pandemi  virus corona (Covid-19).

Jokowi menyadari Natal tahun ini tak bisa digelar secara meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, ia mengingatkan kalau Tuhan selalu hadir di tengah-tengah umat-Nya.

“Umat Kristiani yang saya hormati, sebagai umat beriman, beban dengan berat ini tidak boleh membuat kita cepat putus asa, ” kata Jokowi dalam pidato yang ditampilkan  akun YouTube Sekretariat Pemimpin, Minggu (27/12).


Bekas Wali Kota Solo itu mengatakan umat Kristiani biasanya menyalakan lilin-lilin kecil saat Natal. Lilin-lilin itu menandakan Tuhan hadir dan bergerak untuk pemulihan umatnya.

Jokowi berkata dengan kehadiran Tuhan, tidak seharusnya umat Kristiani berputus asa. Ia mengajak semua bagian untuk menghadapi pandemi  Covid-19 tersebut bersama-sama.

“Kita kudu berusaha baik lahir maupun moral menjalankan protokol kesehatan dengan segenap hati, dengan penuh kedisiplinan menjaga diri, menjaga keluarga, dan menggembala para sahabat sehingga terhindar dari virus corona, ” ujarnya.

Jokowi  biar berharap Natal tahun ini menjelma momen masyarakat untuk saling melestarikan dan mengasihi. Menurutnya, Natal serupa harus menjadi momentum untuk mewujudkan kasih Tuhan untuk sesama yang menderita, saling tolong-menolong, dan senantiasa menghadirkan kebaikan bagi bangsa serta negara.

“Selamat Hari Natal dan Tahun Baru, semoga cahaya Sang Terang selalu menuntun setiap langkah kita. Terima bergurau. Semoga Tuhan memberkati kita segenap, ” katanya.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]