Pengantara Tidak Dapat SMS Surat Vaksin dan Solusinya

Jakarta, CNN Indonesia —

Klub harus memiliki sertifikat vaksin Covid-19 sebagai bukti sudah melakukan vaksinasi. Tepat sesudah divaksin, biasanya masyarakat hendak langsung mendapat SMS lantaran nomor 1199.

SMS tersebut berisi link atau tautan untuk mengunduh sertifikat vaksin. Di di dalam SMS tersebut juga mencantumkan nama lengkap peserta & NIK.

Jika tidak sanggup SMS sertifikat vaksin, Kamu dapat cek di posisi atau aplikasi PeduliLindungi.


Juru Cakap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi menjelaskan sejumlah alasan sebagian kelompok yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua akan tetapi tidak mendapatkan SMS berisi link sertifikat vaksin.

Dedy menyebut, dasar pertama yaitu ada jeda penerbitan sertifikat karena antrean pengiriman input pada bentuk satu data.

Kemudian, mungkin saja ada kemungkinan data nomor HP masyarakat kosong sehingga tak bisa dikirim SMS atau ketidaksesuaian nomor HP dengan ditulis saat pendaftaran.

“Data nomor HP kosong atau tidak pantas dengan yang digunakan zaman mendaftar di Pedulilindungi. id, ” ujar Dedy beberapa waktu lalu.

Selain itu, lanjut tempat, penyebab lain bisa karena nomor ponsel tidak setara atau terjadi kegagalan dalam pengiriman SMS.

Dedy menyarankan, masyarakat yang tidak mendapat SMS sertifikat vaksin sesaat setelah disuntik vaksin untuk segera mengontrol nomor HP-nya melalui bentuk PeduliLindungi.

Sebab pada prinsipnya penerbitan surat vaksin dilakukan secara otomatis oleh sistem. Semua dilakukan usai petugas fasilitas kesehatan melakukan input informasi pengoperasian vaksin di sistem PeduliLindungi. id.

Buat itu, masyarakat yang belum menerima SMS namun bermaksud mendapat link sertifikat vaksin, dapat melalui situs ataupun aplikasi PeduliLindungi. id.

Anda perlu melangsungkan pendaftaran di PeduliLindungi. id melalui aplikasi atau website. Berikut cara download surat vaksin jika tidak dapat SMS.

  1. Buka laman PeduliLindungi. id   atau di aplikasi PeduliLindungi
  2. Klik Login/Register
  3. Jika belum pernah mencatat, pilih Buat akun PeduliLindungi
  4. Isi bahan diri yang diperlukan, berangkat dari nama lengkap, nomor NIK, nomor HP
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui e-mail
  6. Klik menu Profil di kanan atas, pilih Sertifikat Vaksin & sertifikat vaksin Covid-19 Kamu akan muncul.

Itulah penyebab dan solusi bagi penerima vaksinasi yang tidak dapat SMS sertifikat vaksin. Anda bisa mengeceknya pada PeduliLindungi, namun dibutuhkan periode 24 jam untuk pembaruan data.

(fef)

[Gambas:Video CNN]