Menlu AS Kunjungi Israel Dua Bulan Sebelum Trump Lengser

Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat , Mike Pompeo , dikabarkan akan mengunjungi salah satu permukiman  Israel di Tepi Barat dalam waktu dekat. Permukiman Israel itu dianggap ilegal oleh komunitas internasional.

Laporan surat kabar Israel Haaretz dan situs berita Axios memaparkan Pompeo maka akan mengunjungi kilang anggur Psagot di Tepi Barat. Ia menjadi menlu AS pertama yang mengunjungi wilayah pendudukan Israel di Palestina.

Dalam lawatannya itu, dia juga berencana mengunjungi Dataran Tinggi Golan. Lagi-lagi Pompeo akan jadi menlu AS pertama yang mengunjungi wilayah sengketa Israel dengan Suriah itu.


Pabrik anggur Psagot saat ini masih bersengketa dengan Uni Eropa lantaran menarik memberikan label khusus produk dasar daerah pendudukan pada barang-barang dagangannya.

Psagot malah meluncurkan label anggur yang dinamai Pompeo sebagai bentuk penghargaan terhadap menlu tersebut atas pendiriannya terhadap Israel.

Andai benar terjadi, lawatan Pompeo ke Israel ini akan berlangsung dua bulan sebelum Presiden Donald Trump lengser dan presiden terpilih SINCE, Joe Biden, dilantik. Selama kampanye, Biden berjanji akan berbuat lebih banyak lagi untuk menghentikan pendudukan Israel yang ilegal dan pembentukan negara Palestina.

Sejauh ini, Trump masih menolak kekalahannya dalam pemilihan umum AS three or more November lalu. Pompeo bahkan tidak mengakui kemenangan Biden dan mengatakan bahwa transisi pemerintahan Trump phase kedua akan berjalan mulus.

Rencana lawatan Pompeo juga muncul tepat satu tahun setelah dirinya menegaskan AS tidak menganggap pendudukan Israel di wilayah Palestina sebagai tindakan ilegal. Langkah itu sontak kembali memicu kecaman dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rencana kunjungan Pompeo ke Israel ini pun memicu kritik dari berbagai pihak. Mantan diplomat AS di Timur Tengah yg saat ini bekerja di Carnegie Endowment for International Peace, Aaron David Miller, mengatakan lawatan ke Israel ini hanya akan semakin menjustifikasi Pompeo sebagai menlu SINCE paling buruk dalam sejarah.

“Ini tidak merupakan tentang politik Trump atau Benjamin Netanyahu (Perdana Menteri Israel), terkait tentang Pompeo dan 2024, inch kata Miller seperti dikutip AFP .

Selama ini, banyak pihak memprediksi bahwa Pompeo memiliki ambisi untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Ia kerap menunjukkan dukungan yang besar bagi Israel.

Sementara itu, kaum Yahudi menjadi penyumbang suara utama kaum Kristen Evangelis dalam partai Pompeo, Partai Gemeinwesen.

Hingga saat terkait, Kementerian Luar Negeri AS tidak segera mengonfirmasi laporan soal rencana lawatan Pompeo tersebut. Melalui pernyataan, Kemlu AS hanya mengatakan Pompeo akan ke Israel untuk bertemu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu

(rds/ayp)

[Gambas:Video CNN]