Kemenag: Salat Id di Rumah kecuali Pemda Jamin Aman Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Keyakinan ( Kemenag )  Kamaruddin Amin mengucapkan masyarakat yang berada di kawasan hijau pandemi virus corona (Covid-19) bisa melaksanakan Salat Idul Fitri di tempat umum.

Tapi, kata Kamarudin, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan Salat Id seperti biasa. Salah satunya jaminan dari pemda maupun ahli.

“Secara ijmal begitu (mengimbau masyarakat Salat Id di rumah), kecuali kalau tersedia pemerintah daerah yang menggaransi, misalnya di desa-desa, di kampung-kampung, bagaikan fatwa MUI begitu, ” cakap Kamaruddin saat dihubungi CNNIndonesia. com , Kamis (14/5).

“Bahwa di situ sama sekali tidak ada, sungguh boleh saja melaksanakan Salat Id, misalnya, ” sambungnya.

Walaupun begitu, kata Kamaruddin, sikap Kementerian Agama masih sama. Kemenag mengimbau masyarakat di seluruh wilayah Nusantara untuk menjalankan Salat Id dalam rumah masing-masing.

Kamaruddin menyebut Kemenag memutuskan untuk tidak melonggarkan pembatasan kegiatan di sendi ibadah karena tren pandemi corona masih meningkat.

“Kalau Departemen Agama secara umum saja mengutarakan bahwa sudahlah ibadah di sendi saja, kita ikhlaskan saja karena kita tidak pernah tahu kalau tempat itu sama sekali lepas dari Covid-19, ” ujarnya.

Kamaruddin menjelaskan tak ada sanksi jika masyarakat tak mendaftarkan imbauan Kemenag. Kemenag menyerahkan pengawasan di daerah kepada pemerintah daerah.

“Yang menertibkan ataupun apa namanya, memberi sanksi ataupun apapun itu, dari pemda beserta dengan mungkin pihak kepolisian. Kemenag memberi imbauan saja, ” perkataan dia.

Sebelumnya, Gajah Agama Fachrul Razi meminta bangsa untuk melaksanakan Salat Id pada rumah masing-masing selama pandemi virus corona (Covid-19). Pernyataan itu dia sampaikan beberapa hari setelah melempar wacana pembatasan rumah ibadah.

“Betul, boleh tidak salat, karena hukumnya sunnah. Tapi Menag menyarankan untuk tetap sholat pada rumah, karena hukumnya sunnah muakkadah, sangat dianjurkan, ” ucap Fachrul menjawab pertanyaan CNNINdonesia. com lewat suruhan singkat, Rabu (13/5).

(ugo)

[Gambas:Video CNN]