Keadaan Kesehatan Nasional: Satukan Tekad buat Indonesia Sehat

Jakarta, CNN Indonesia —

Indonesia   memperingati Hari  Kesehatan tubuh Nasional (HKN) ke-56 pada Kamis, 12 November. Untuk kali pertama Hari Kesehatan Nasional diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Hari Kesehatan Nasional pertama kali diperingati dalam tahun 1964 yang bertepatan secara momen keberhasilan Indonesia memberantas malaria. Setelah 56 tahun berselang, Nusantara masih menemui sejumlah masalah kesehatan tubuh. mulai dari penyakit menular seolah-olah demam berdarah hingga penyakit tak menular seperti penyakit jantung, sakit, dan hipertensi.

Di tahun ini, tantangan kesehatan Nusantara bertambah dengan adanya pandemi Covid-19. Menurut Kementerian Kesehatan, masyarakat masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan tubuh untuk pencegahan Covid-19.   Makin, data BPS juga menunjukkan 17 persen masyarakat Indonesia tidak yakin dengan keberadaan Covid-19.


Oleh karena tersebut, Hari Kesehatan Nasional ke-56 mengetengahkan tema ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’.

“Tema itu merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen klub untuk terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsa di zaman pandemi Covid-19, ” kata Eksekutif Jenderal Kesehatan Masyarakat yang juga sebagai Ketua Umum HKN ke-56, Kirana Pritasari dalam kata prakata Buku Panduan HKN.

Kirana juga menjelaskan pada tahun ini tema HKN dikerucutkan secara sub tema ‘Jaga Diri, Tanggungan dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dibanding Pandemi Covid-19. ‘

“Masyarakat harus membiasakan dengan tetap memakai masker utamanya bila keluar rumah, selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci lengah sesering mungkin. Tiga hal tersebut, menjadi hal yang fundamental untuk dilakukan dalam perilaku kita sehari-hari, agar terhindar dari paparan Covid-19, ” anjuran Kemenkes dalam Kunci panduan HKN.

Selain itu, agar imunitas tubuh tetap sehat dan kuat, masyarakat harus berolahraga secara rutin, mengonsumsi gizi seimbang, istirahat dengan cukup, tidak merokok, dan mengarahkan penyakit penyerta.

Di dalam HKN ke-96 ini, Kementerian Kesehatan tubuh menggelar sejumlah rangkaian kegiatan serupa upacara virtual, mengenang pahlawan kesehatan tubuh, Jambore kesehatan, pengabdian masyarakat, unjuk kreasi virtual, publikasi dan penghargaan, serta acara puncak HKN.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]