Kapolri Sebut Baru 14 Persen Warga Banten Sudah Vaksinasi

Serang, CNN Indonesia —

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut baru 14 persen warga Provinsi Banten yang telah disuntik vaksin virus corona (Covid-19). Baru sekitar 1,8 juta yang divaksin dari total 13 juta warga Banten.

“Banten sebagai wilayah yang berdekatan dengan ibu kota angkanya masih rata-rata 14 persen, sehingga perlu percepatan akselerasi untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi,” kata Listyo di Serang, Banten, Minggu (18/7).

Listyo mengatakan Polri bersama TNI akan mempercepat vaksinasi terhadap warga Banten. Kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk menjadi relawan pun bakal diikutsertakan.


“Tentunya akan mengeroyok untuk melaksanakan peningkatan vaksinasi yang ada di wilayah Banten,” ucapnya.

Di samping vaksinasi yang masih rendah, Listyo juga mengungkapkan bahwa tingkat kepatuhan protokol kesehatan warga Banten tergolong rendah. Bahkan sampai di bawah 90 persen.

“Ada tiga wilayah, Kota Serang, Pandeglang dan satu lagi, itu angkanya masih di bawah 90 persen, sekitar 80 persen sampai 90 persen, sehingga ini saya harapkan untuk perlu ditingkatkan,” kata Listyo.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengamini masih banyak warganya yang belum mematuhi protokol kesehatan. Dia yakin tingkat kepatuhan rendah membuat jumlah penularan di Serang naik tinggi.

“Jadi memang ini yang menjadi kendala di Kota Serang ini akibat naiknya yang terpapar Covid, akibat kesadaran masyarakat yang tidak memperketat protokol kesehatan,” katanya.

(yn/bmw)

[Gambas:Video CNN]