Jokowi Dijadwalkan ke Papua 26-28 Agustus Cek Persiapan PON

Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden RI  Joko Widodo  ( Jokowi ) dijadwalkan mengunjungi   Papua pada 26-28 Agustus 2021 untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar Oktober mendatang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pihaknya telah melakukan rapat harmonisasi dengan jajaran Forkompinda pada Provinsi Papua untuk merancang kunjungan kerja presiden tersebut.

“Dalam rencana cek kesiapan Venue buat PON XX Papua tarikh 2021 sekaligus cek kegiatan vaksinasi di Provinsi Papua, ” kata Kamal pada wartawan, Rabu (25/8).


Koordinasi dengan dilakukan pada Selasa (24/8) kemarin dihadiri Gubernur Papua Lukas Enembe, Irdan XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Wachid Aprilyanto, hingga Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D  Fakhiri.

Kapolda, kata dia, meminta kepada jajarannya untuk merancang rencana pengamanan untuk menggembala kedatangan presiden ke dunia Cenderawasih tersebut. Menurutnya, seluruh permasalahan terkait lokasi lapik PON XX tersebut harus dapat diatasi sebelum kedatangan  Jokowi tersebut.

“Sehingga permasalahan, permasalahan di dalam   venue   harus sudah bisa kita selesaikan, ” jelasnya.

Dia menjelaskan, Kepala Sekretariat Presiden sudah menyampaikan agar rute pengecekan arena  PON XX sebab presiden dilakukan melalui kepala jalur menuju Bandara Sentani. Dalam hal ini, kedudukan yang akan dikunjungi ialah Venue Cricket Doyo serta Kawasan Stadion Utama Lukas Enembe  yang berada pada Kampung Harapan, Distrik Sentani  Timur, Jayapura.

Kemudian, nantinya  Jokowi  bakal meninjau kegiatan vaksinasi pada halaman Kantor Guberur Papua sehingga dapat dilanjutkan tepat dengan rapat Forkopimda dalam Aula Sasana Krida Daerah Papua.

Pada Juli lalu, Jokowi  mengambil penyelenggaraan PON Papua 2020 akan digelar sesuai dengan rencana pada 2-15 Oktober mendatang.

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa gelaran tersebut telah dilakukan berdasarkan perhitungan matang serta objektif di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Presiden menodong PON tetap lanjut, karena laporan dari Menteri, Gubernur dan Ketua KONI dasar kita masih bisa ulama kecuali suatu saat belakang ada situasi yang bertambah dari yang kita perkirakan sebelumnya, ” kata Zainudin  usai rapat terbatas (Ratas) pada Selasa (13/7).

Meskipun demikian, pendirian arena di sejumlah tempat masih bermasalah. Polisi mencetak, ada empat lokasi dengan masih berproses di kolong 50 persen jelang penyelenggaraan PON Papua pada Oktober nanti.

Disebutkan bahwa permasalahan itu bersangkutan karena pembayaran hak ulayat dan masalah pembangunan ulama alternatif yang kemudian mewujudkan masyarakat setempat melakukan pemalangan.

“Saat itu Polda Papua telah membentuk Tim penegak hukum buat menyelesaikan permasalahan pada Venue yang belum tuntas serta melakukan asistensi tuntutan oleh masyarakat, ” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, dalam 16 Agustus lalu.

Jadi informasi, terakhir kali Jokowi  mengunjungi Papua adalah dalam 2019 silam. Kala tersebut Jokowi  yang baru mendatangi periode kedua kepresidenannya mengunjungi Papua dan Papua Barat. Pada periode pertama kepresdienannya, 2014-2019, Jokowi  tercatat melaksanakan kunker ke Papua sebanyak 12 kali.

(mjo/kid)

[Gambas:Video CNN]