Debut Model Difabel Aaron Philip di Moschino NYFW

Jakarta, CNN Indonesia —

Pola kulit hitam, transgender, serta difabel Aaron Philip debut di New York Busana Week ( NYFW )  di show pakaian musim semi dan musim radang 2022  Moschino .

Philip sendiri merupakan pemrakarsa model transgender, difabel, jangat hitam pertama yang mengesahkan kontrak dengan agensi terkemuka. Setahun kemudian, ia menjadi model dalam sampul organ Paper Magazine.

“Saya memiliki kesempatan gede untuk meluncurkan karier runway untuk beberapa model favorit saya. Tapi hari tersebut saya cukup beruntung untuk meluncurkan superstar lain, Aaron Philip, dalam debut runway eksklusifnya, “⁠⁠ujar Desainer Jeremy Scott.


Philip adalah pengidap cerebral palsy. Namun, kekurangan yang dia miliki tidak menjadi halangannya untuk menggapai berniat.

“Industri fashion selama tersebut hanya mengenal satu jenis tubuh, dan satu macam figur yang dapat dipasarkan, ” kata Philip kepada CNN.

“(Tapi) sekarang kita memasuki zaman ini, dan iklim itu, di mana semua macam tubuh akan didorong serta dirayakan — tidak cuma dirayakan, tetapi dilihat sebagai (tubuh) yang diinginkan dan dapat dipasarkan. ”

Sebelumnya, impian Philip memasuki runway NYFW tertunda akibat kegagalannya mengikuti NYFW karena kurangnya akses kedudukan roda. Namun ia jadi masuk di tahun tersebut.

Philip pula seringkali menyuarakan kesetaraan dalam dunia fesyen. Ia juga berpendapat bahwa mode saat ini masih belum menyampaikan perhatian lebih kepada ragam difabel.

“Masih ada banyak kekurangan visibilitas dan perhatian terhadap penyandang disabilitas dalam mode, ” katanya.

“Sampai sekarang, saya salah kepala dari dua model cacat fisik di seluruh industri, setelah Jillian Mercado. ”

Philip juga menilai bahwa peningkatan perhatian terhadap model transgender di beberapa tahun terakhir, mendaulat disabilitas sebagai target diskriminasi industri yang paling menyembul.

Philip sendiri memiliki lebih dari 200 ribu followers di instagram. Ketenarannya dimulai akibat tweet viral yang dibuatnya dalam 2017.

Tweet itu mengatakan, “Ketika saya dibina/ditemukan oleh agensi contoh, kalian semua tamat! ”

(pwn/chs)

[Gambas:Video CNN]