Buatan Euro 2020: Italia vs Inggris di Final

Jakarta, CNN Indonesia —

Inggris   tantang  Italia dalam final  Euro 2020 (Euro 2021) usai menang 2-1 atas  Denmark di semifinal di Gelanggang Wembley, Kamis (8/7) pagi buta waktu Indonesia.

Laga Inggris vs Denmark harus dilanjutkan ke putaran tambahan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal. Denmark lebih dahulu unggul lewat tendangan bebas Mikkel Damsgaard pada menit ke-30.

Sembilan menit kemudian, Inggris membalas lewat gol bunuh diri Simon Kjaer yang salah mengantisipasi umpan silang Bukayo Saka (39′).


Pada menit ke-94 babak tambahan, Harry Kane nyaris membobol gawang Denmark kalau saja kiper Kasper Schmeichel tidak membuat penyelamatan terang.

Tendangan menduduki kanan Kane ke sedang gawang masih bisa ditepis Schmeichel dengan tangan kanan.

Jack Grealish membuat percobaan dengan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-97. Meskipun demikian, Schmeichel berdiri pada kedudukan yang tepat dan mampu menepis tendangan Grealish.

Wasit Danny Makkelie menggunakan VAR guna memastikan penalti untuk Inggris.   (Pool via REUTERS/ANDY RAIN)

Di menit ke-102 Inggris memperoleh peluang berbalik unggul setelah Raheem Sterling dijatuhkan Joakim Maehle di kotak penalti.

Meski sudah menunjuk titik putih, wasit Danny Makkelie tetap memakai VAR guna memastikan pengingkaran itu. Hasilnya, tetap hukuman untuk The Three Lions.

Eksekusi dengan dilakukan Harry Kane ke sisi kiri sempat ditepis Kasper Schmeichel. Akan namun bola rebound kembali mengarah kepada Kane. Striker Tottenham Hotspur itu pun tidak menyia-nyiakan kesempatan keduanya guna membawa Inggris unggul 2-1 atas Denmark di menit ke-104.

Inggris bisa saja menambah lulus pada menit ke-113 melalui serangan balik. Hanya sekadar, umpan yang diberikan Sterling tidak dimanfaatkan dengan indah oleh Harry Kane.

Striker Tottenham Hotspur tersebut memilih menggiring bola dalam kotak penalti hingga keputusannya kehilangan momentum mencetak lulus.

Tekanan sebab Denmark melambat di fragmen tambahan. Kendati demikian, Awak Dinamit masih bisa menciptakan peluang. Salah satunya menggunakan tendangan Martin Braithwaite pada menit ke-115 dari asing kotak penalti yang masih bisa ditepis Jordan Pickford.

Penampilan Schmeichel benar-benar gemilang pada sabung Inggris vs Denmark. Kiper Leicester City itu kembali menggagalkan peluang gol Raheem Sterling pada menit ke-120.

Inggris kesudahannya menutup pertandingan dengan hasil 2-1 atas Denmark sekali lalu lolos ke final Euro 2020 melawan Italia.

[Gambas:Video CNN]

Susunan Pemain:

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Saka, Mount, Sterling; Kane

Denmark: Schmeichel; Christensen, Kjaer, Vestergaard; Stryger, Delaney, Hojbjerg, Maehle; Braithwaite, Dolberg, Damsgaard

(sry)