Biden Tuding Trump Dukung China di Awal Pandemi Covid-19

Jakarta, CNN Indonesia —

Calon Presiden  Amerika Serikat sejak Partai Demokrat Joe Biden dalam  debat capres GANDAR terakhir menunjuk rivalnya  dari Partai Republik, Donald Trump, berpihak ke China serta memuji negara itu pada introduksi penyebaran Covid-19 Januari lalu.

Hal itu sekaligus menyangkal argumen Trump bahwa dia menyelamatkan jutaan nyawa masyarakat AS dengan menutup akses dari China. Patuh Biden, Trump telat menutup kanal atau setelah 40 negara yang lain melakukan hal serupa.

“Apa yang disebutkan Presiden pada Januari? Dia sejumlah bahwa Presiden China sangat transparan, kita semua berutang terima iba, ” katanya pada debat belakang yang disiarkan langsung dari Belmort University, Nashville pada Kamis (22/10) waktu setempat.


Melansir CNN, Trump dalam beberapa bulan terakhir mengecam China atas pandemi virus corona. Namun ternyata tempat sempat memuji penanganan penyakit mematikan oleh pemimpin China Xi Jinping itu selama berbulan-bulan pada mula wabah.

Ketika kejadian covid-19 pertama kali mulai menonjol di AS, Trump sangat memuji penanganan Xi terhadap wabah dalam China dan berulang kali mengutarakan AS berkoordinasi erat dengan Beijing mengenai masalah tersebut.

“Saya pikir mereka telah menanganinya secara profesional dan saya pikir mereka sangat mampu dan kami pikir Presiden Xi sangat berpunya dan saya berharap ini bakal diselesaikan, ” katanya pada 13 Februari, dikutip dari CNN .

Menyusul ratusan kematian kelanjutan covid-19 di AS, sikap Trump terhadap Beijing mulai berubah.

“Saya sedikit kesal dengan China, saya akan jujur pada Anda, karena saya menyukai Pemimpin Xi dan saya menghormati negeri dan mengagumi negara – saya sangat mengagumi negara, apa yang mereka ‘ telah dilakukan pada waktu singkat. Tapi mereka seharusnya memberi tahu kami tentang tersebut, ” katanya pada 22 Maret.

Saksikan Live Streaming Debat Final Capres AS pada tautan ini .  

(wel)

[Gambas:Video CNN]