Belgia Unggul 2-0 Atas Rusia di Babak Pertama Euro 2020

Jakarta, CNN Indonesia —

Belgia unggul 2-0 atas Rusia di bagian pertama dalam pertandingan Agregasi B Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Saint Petersburg, Minggu (13/6) dini hari waktu Indonesia.

Striker Romelu Lukaku membawa Belgia unggul 1-0 pada awal-awal pertandingan, tepatnya pada menit ke-10 lewat sepak terjang kaki kiri.

Gol Lukaku itu tak lepas dari blunber bek Andrey Semenov yang kandas membuang buang bola hasil umpan silang Dries Mertens dengan sempurna. Bola justru masih bergulir dari rekahan di antara kedua kakinya.


Kelalaian itu menguntungkan Lukaku yang hanya dengan satu kala kontrol, lalu melepaskan sepak terjang kaki kiri ke bagian kiri gawang Rusia.

Leander Dendocker batal menambah keunggulan Belgia menjelma 2-0 di menit ke-19 setelah tendangannya hasil umpan tarik Lukaku masih melayang jauh dari mistar gawang Rusia.

Sepakan kaki kiri Thorgan Hazard yang memanfaatkan kemelut pada depan gawang Rusia selalu bisa diblok kiper Anton  Shunin pada menit ke-21.

Insiden dengan melibatkan pemain dari kedua tim terjadi di menit ke-25. Winger kiri Rusia Daler Kuzyaev berbenturan besar dengan winger kanan Belgia Timothy Castagne.

Benturan tersebut membuat Castagne dan Kuzyaev ditarik muncul lapangan. Castagne digantikan Thomas Meunier di menit ke-27 akibat mengalami benjol pada wajah, sedangkan Kuzyaev dengan mengalami luka di kepala digantikan Denis Cheryshev pada menit ke-30.

Meunier yang menjadi pemain pengganti dalam laga tersebut menambah keunggulan bagi The Red Devils pada menit ke-34.

Metode gol Meunir nyaris setara dengan gol Lukaku, yaitu karena kesalahan pemain Rusia. Dalam gol Meunier, putaran kiper Shunin yang blunder karena gagal menangkap secara baik tendangan Thorgan Hazard.

Bola berangasan yang bergerak di ajaran Meunier langsung disambar pemeran Borussia Dortmund itu dengan kaki kiri menjadi lulus.

Yannick Carrasco  gagal menambah keunggulan Belgia menjadi 3-0 di episode pertama setelah tembakannya dalam masa injury time berkembang dari target. Belgia unggul 2-0 atas Rusia di babak pertama.

Susunan Pemain:

Belgia: Courtois, Castagne, Alderweireld, Boyata, Vertonghen, Tielemans, Dendoncker, Hazard, Carrasco, Mertens, Lukaku

Rusia: Shunin, Fernandes, Semyonov, Ozdoyev, Barinov, Zobnin, Dzhikiya, Golovin, Zhirkov, Kuzyayev, Dzyuba

(sry/nva)