Bawaslu Awasi Pembagian Masker Gambar Paslon Pilkada di TPS

Jakarta, CNN Indonesia —

Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait potensi pembagian masker bergambar paras pasangan calon (paslon) di kira-kira tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada Sewaktu 2020 .

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengutarakan sebenarnya pembagian masker, hand sanitizer, atau APD lainnya yang mengambil paslon sah diberikan. Namun mau menjadi pelanggaran jika APD bergambar paslon tersebut dibawa masuk ke TPS.

“Kalau para-para timses memberikan masker berwajah calon, dipakai pemilih di TPS, nah itu baru bermasalah, ” cakap Afif kepada wartawan di Dewan KPU RI, Jakarta, Rabu (22/7).


Afif berkata pembagian alat-alat itu benar mungkin terjadi menyusul aturan KPU yang mewajibkan penggunaan masker era ke TPS. Terlebih lagi bila banyak masyarakat yang datang tanpa mengenakan masker.

Tempat menyarankan agar KPU menyiapkan stok masker untuk pemilih yang hadir tanpa masker. Afif menilai kelakuan itu bisa menekan potensi pelanggaran saat hari pencoblosan.

“Sambil mungkin diimbau agar pemilih menggunakan masker saat menggunakan benar pilih dengan menghindari masker yang partisan atau ada logo bahan, ” ujarnya.

Gagasan menjadikan APD jadi alat peraga kampanye dicetuskan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Tito mempersilakan calon kepala kawasan menyelipkan pesan kampanye ke asosiasi dengan pembagian masker.

“Saya minta jajaran Sultra untuk melakukan gerakan masif membagi kedok. Pakai masker kain saja. Tercatat kepala daerah di daerah kontestasi nanti, kita dorong mereka tanpa hanya kaos. Nanti maskernya ditulis pilih nomor satu, pilih cetakan dua, dengan tulisan apa terserah, ” kata Tito di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (9/7).

KPU RI tetap menggelar Pilkada Langsung 2020 meski pandemi virus corona belum usai. Sejumlah perubahan dibuat untuk mengadaptasi kenormalan baru dalam pelaksanaan pilkada.

Petugas TPS dan pemilih diwajibkan mengenakan masker saat hari pemungutan. Pemilih juga wajib melewati pengecekan guru tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk TPS.

Pilkada Serentak 2020 akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. Sebanyak 270 daerah akan menggelar pilkada dengan serentak tahun ini.

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]