9. 194 Nakes di Praja Surabaya Terima Booster Vaksin Moderna

Surabaya, CNN Indonesia —

Baru 9. 194 tenaga kesehatan ( nakes ) di Kota Surabaya yang sudah menjalani vaksinasi dosis ketiga atau booster menggunakan Vaksin  Moderna . Dari total itu, beberapa nakes dilaporkan mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan vaksinasi jumlah ketiga bagi nakes ini dilakukan secara bertahap sejak dua pekan lalu.

“Jadi, kita vaksin bertahap, karena ada KIPI-nya, mulai dari panas demam dan pula pusing, ” kata Eri, Kamis (19/8).


Mahyeldi mengaku vaksinasi bertahap ini untuk mencegah terganggunya layanan kesehatan akibat KIPI  yang dialami para nakes.

“Kalau disuntik bareng, bisa loro kabeh (sakit semua). Nanti bisa mandek pelayanan itu. Makanya kita melakukannya secara bertahap, ” ucapnya.

Eri mengatakan Surabaya sudah memperoleh jatah 24 ribu ukuran vaksin jenis Moderna. Sementara jumlah nakes sasaran di Kota Pahlawan ada sebanyak 49 ribu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita  membenarkan bahwa nakes dalam Surabaya yang sudah divaksin Moderna sebanyak 9. 194 orang, atau 10 tip dari keseluruhan.

“Itu artinya baru 10 persen dari total 49 ribu nakes di Surabaya, ” kata Feny, nama akrabnya.

Ia juga mengakui bahwa setelah disuntik Moderna, para nakes itu mengalami KIPI. Mulai dari demam, batuk, bingung dan nyeri.

“Kalau seperti itu harus dikompres, makanya kita suntiknya bertahap, ” ujarnya.

Feny mengucapkan pihaknya menargetkan 24 ribu vaksin itu akan berakhir pada akhir Agustus ini. Ia pun berharap vaksin jenis Moderna itu bisa segera datang kembali ke Surabaya.

“Insyallah akhir Agustus sudah rampung, ” katanya.  

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]